Sunday, April 4, 2021

sistem informasi akutansi

1.ancaman-ancaman yang ada pasa SIA , dan contohnya ?

 Ancaman kehancuran karena bencana alam dan politik, seperti :

–        Kebakaran atau panas yang berlebihan

–        Banjir, gempa bumi

–        Badai angin, dan perang

Ancaman karena kesalahan pada software dan tidak berfungsinya peralatan, seperti :

-        Kegagalan hardware.

-        Kesalahan atau terdapat kerusakan pada software, kegagalan sistem operasi, gangguan

         dan fluktuasi listrik.

-        Serta kesalahan pengiriman data yang tidak terdeteksi.

Ancaman ketiga bagi perusahaan adalah tindakan yang tidak disengaja, seperti :

-        Kecelakaan yang disebabkan kecerobohan manusia.

-        Kesalahan tidak disengaja karen teledor.

-        Kehilangan atau salah meletakkan.

-        Kesalahan logika.

Ancaman keempat yang dihadapi perusahaan adalah tindakan disengaja, seperti :

-        Sabotase.

-        Penipuan computer.

-        Penggelapan.


2.konsep konsep pengendalian dalam SIA ?

Pengendalian internal (internal control): 

proses dan prosedur yang dijalankan untuk menyediakan jaminan memadai bahwa tujuan pengendalian dipenuhi.

pengendalian internal menjalankan tiga fungsi penting sebagai berikut 

Pengendalian internal sering kali dipisahkan dalam dua kategori :

Pengendalian umum (deneral control):

pengendalian yang didesain untuk memastikan sistem informasi organisasi serta pengendalian ingkungan stabil dan dikelola dengan baik. Contoh: keamanan; infrastruktur TI; dan pengendalian pembelian perangkat lunak, pengembanagan, dan pemeliharaan.

Pengendalian aplikasi (application control):
pengendalian yang mencegah, mendeteksi, dan mengoreksi kesalahan transaksi dan penipuan dalam program aplikasi. Contoh: ketepatan, kelengkapan, validitas, serta otorisasi data yang didapat,dimasukkan, diproses, disimpan, ditransmisikan ke sistem lain, dan dilaporkan.

 3.Aktifitas - aktifitas yang ada pada pengendalian SIA ? 

Aktivitas pengendalian bertujuan untuk mengarahkan karyawan agar karyawan dapat bertindak sesuai dengan arahan manajer.

Aktivitas yang terkait dengan pelaporan keuangan. Meliputi: Perancangan dokumen yang baik dan penggunaan dokumen bernomor urut tercetak; Pemisahan tugas; Otorisasi atas transaksi; Pengamanan yang memadai; Cek independen atas kinerja rekan sekerja; Penilaian (valuation) atas jumlah yang mesti dicatat yang tepat

Aktivitas yang terkait dengan pemrosesan informasi, meliputi pengendalian umum dan pengendalian aplikasi. Aktivitas ini membantu memastikan reliabilitas dan integritas sistem informasi yang memproses informasi keuangan maupun informasi non keuangan.


4.Penilaian resiko pada pengendalian SIA ?

sistem pengendalian internal dengan menggunakan strategi manajemen resiko dibawah ini.

1. Indentifikasi ancaman.

2. Perkirakan resiko

3. Perkirakan resiko Exposure

4. Identifikasi pengendalian.

5. Perkirakan biaya dan manfaat.

6. Menetapkan efektivitas biaya dan manfaat.

No comments:

Post a Comment